Untuk bisa mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, dibutuhkan pendidik yang terampil dan berkompeten sehingga mampu berkontribusi secara aktif mewujudkan profil tersebut. Pada bagian ini saya akan membagikan peran yang perlu dihidupi sebagai Guru Penggerak yang mendukung perwujudan Profil Pelajar Pancasila. Peran dari dari seorang Guru tentunya akan lebih maksimal jika memiliki keterampilan ataupun kompetensi yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan.
Terdapat 5 butir peran dari seorang Guru Penggerak:1.
Menjadi
Pemimpin Pembelajaran
Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong wellbeing ekosistem pendidikan sekolah. Pemimpin Pembelajaran berarti seorang Guru Penggerak menjadi seorang pemimpin yang menitikberatkan pada komponen yang terkait erat dengan pembelajaran, seperti kurikulum, proses belajar mengajar, asesmen, pengembangan guru serta komunitas sekolah, dll. Yang dimaksud dengan wellbeing disini terkait dengan kondisi yang sudah berpihak pada murid. Apakah kondisi tersebut sudah membuat murid nyaman untuk belajar? apakah sudah sesuai dengan kebutuhan murid? Apakah lingkungan belajar di sekolah sudah cukup sejahtera agar anak bisa belajar dengan maksimal? Seorang Guru Penggerak tentunya berperan besar dalam membuat lingkungan sekolah yang nyaman untuk para muridnya. Jadi seorang Guru Penggerak diharapkan mampu berperan sebagai pemimpin yang berorientasi pada murid, dengan memperhatikan segenap aspek pembelajaran yang mendukung tumbuh-kembang murid.
2.
Menggerakkan
Komunitas Praktisi
Menggerakkan
komunitas praktik untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya. Seorang Guru
Penggerak berpartisipasi aktif dalam membuat komunitas belajar untuk para rekan
guru baik di sekolah maupun wilayahnya. Banyaknya praktik baik yang bisa
dibagikan dalam komunitas tersebut bisa menjadi bahan pembelajaran untuk para
guru sejawat dan tentunya untuk Guru Penggerak tersebut juga.
3.
Menjadi
Coach Bagi Guru Lain
Menjadi
coach dan mentor bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di
sekolah. Seorang Guru Penggerak juga harus mampu mendeteksi aspek-aspek yang
bisa ditingkatkan dari rekan sejawatnya. Seorang Guru Penggerak diharapkan juga
mampu merefleksikan hasil pengalamannya sendiri serta guru lain untuk dijadikan
poin peningkatan untuk pembelajaran. Tidak lupa juga sebagai seorang coach,
Guru Penggerak diharapkan juga bisa memantau perkembangan dari rekan guru lain tersebut.
4.
Mendorong
Kolaborasi Antar Guru
Membuka
ruang diskusi positif dan kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di
dalam dan di luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada peran
ini, seorang Guru Penggerak diharapkan mampu memetakan para pemangku
kepentingan di sekolah (serta luar sekolah), serta membangun dialog antar para
pemangku kepentingan tersebut.
5.
Mewujudkan
Kepemimpinan Murid
Mendorong
peningkatan kemandirian dan kepemimpinan murid di sekolah. Peran seorang Guru
Penggerak berarti membantu para murid ini untuk mandiri dalam belajar, mampu
memunculkan motivasi murid untuk belajar, juga mendidik karakter murid di
sekolah.
Demikianlah peran dari seorang guru penggerak yang diharapkan bisa hidup di dalam diri guru penggerak dan bisa ditularkan ke rekan guru yang lain.
Lanjutkan
BalasHapusSemoga bisa dijalankan
BalasHapus